Praktikum Minggu Ketiga
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
- Maxon Cinema 4D R16
- Adobe Illustrator CC
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya.
4. Dasar Teori
Perbedaan Motion Guide dengan Kamera Path
Motion guide adalah suatu fitur pada flash agar suatu object dapat berjalan mengikuti sebuah garis atau jalur yang sudah ditentukan. Sedangkan Kamera Path adalah suatu fitur pada cinema 4D agar sebuah kamera dapat berjalan mengikuti garis yang telah dibuat. Singkatnya kamera yang bergerak sedangkan objek tetap diam.
Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Physical Sky merupakan sebuah pencahayaan latar dari objek, dimana pencahayaan ini mempengaruhi suasana cahaya dari sekelilling objek bisa disebut seagai background latar suasana dari sebuah objek. Physical Light juga bisa diatur sesuai suasana cuaca pada tanggal maupun waktu yang ingin ditentukan. Sedangkan untuk Area Light sendiri adalah suatu teknik pencahayaan yang bisa atur sesuai dengan keinginan. Area Light emberikan effect cahaya mulai dari gelap dan terang pada suatu objek atau dalam artian memberikan effect gradasi pencahayaan.
Material dan Contoh Penggunaanya
Material merupakan teksturing obyek. Umumnya dibutuhkan untuk pembeian tekstur maupun warna pada suatu objek yang tidak mungkin dilakukan dengan mengedit secara manual. Contoh penggunaanya bisa berupa pemberian effect detail pada benda yang sangat kecil dan bisa juga berupa pewaraan pada sebuah objek yang tengah dibuat agar objek terlihat lebih menark.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan.
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
- Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
- Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
- Menambahkan Material
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, saya mendapatkan cukup banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Mulai dari penggunaan fitur camera path, physical Light, Area Light hingga penambahan Material macam pewarnaan dari sebuah modeling. Awalnya masih bingung juga masalah zoom in dan zoom out untuk melihat serta mengatur pada tahap camera path namun syukurnya setelah mengotak atik sendiri akhirnya tau dan bisa memahaminya. Tak heranselama praktikum ini memakan waktu yang lama untuk mengatur camera path. Kesulitan juga saya rasakan ketika proses rendering, dimana aplikasi time lapse assembler saya tidak bisa digunakan. sehingga, saya mencoba merender langsung melalui cinema4d dalam bentuk mp4.
9. Referensi
http://www.digitaltutors.com/tutorial/1994-Logo-Animation-in-CINEMA-4D-and-After-Effects
x
Komentar
Posting Komentar