Praktikum Minggu Kedua
1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui
pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table
animation.
2. Alat
- Adobe Illustrator CC
- Maxon Cinema 4D R16
- Time Lapse Assembler
3. Bahan
Logo PENS.
Silahkan download dari pedoman identitas PENS
4. Dasar Teori
Perbedaan animasi 3D dan 2D
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D
dan 3D, perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut
pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D
menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang
objek secara lebih nyata.
Animasi 2D
Animasi jenis ini
juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon,
yang artinta gambar yang lucu. Contohnya
adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya. Untuk model animasi 2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa
gambar yang memiliki layer terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka
virtual. Kemudian anggota badan, mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut
dibuat seolah – olah bergerak oleh animator dengan menggunakan ”key frame”
secara terus menerus atau frame by frame. Proses tersebut disebut sebagai
proses ‘tweening motion” atau “morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal
tersebut adalah Macromedia Flash.
Animasi 3D
Animasi 3d adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan animasi 3d,
karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai dimensi , ruang
dan kedalaman bayangan. Contohnya Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo, The
Incredible, hingga Final Fantasy.disini kita bisa melihat perbedaan visual jika
dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan
animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).
Perbedaan
membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Adobe Flash
adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D
merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software
tersebut terletak pada fokus aplikasinya dan fungsi dari masing-masing
aplikasinya. Pada pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat
diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa
fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek
dapat diatur model lightingnya sehingga 3D dari objek lebih terlihat, berbeda
dengan Flash yang mana lighting dapat di manipulasi melalui penggunaan teknik
warna. sedangkan Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki
ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajat karena pada Adobe Flash hanya
memiliki sumbu X dan Y.
5. Tugas
Praktikum
- Buatlah animasi 360 dari logo5. Tugas Praktikum
- Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
6. Petunjuk
Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk
yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Tracing Logo menggunakan illustrator
- Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file
illustrator
- Membuat animasi 360 derajat
- Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
7. Hasil
Praktikum
8. Kesimpulan
Dengan
dikenalkan mengenai animasi 3D kita bisa belajar menggunakan software cinema 4D
dan bisa membuat objek yang terlihat nyata. Pada kali ini, saya mendapat
kesulitan dalam membuat logo menjadi 3D. Hal ini dikarenakan, saya tidak
menyimpan format logo dalam AI v8. Akhirnya saya menyimpan ulang logo dengan
format yang sesuai, sehingga logo dapat di-extrude
dengan baik.
9. Referensi
- https://rumahulin.com/pengertian-animasi/
- https://macangadungan.com/2010/06/21/tracing-hah/
Komentar
Posting Komentar