Praktikum Minggu Kedua

1.      Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2.      Alat

- Adobe Illustrator CC
- Maxon Cinema 4D R16
- Time Lapse Assembler

3.      Bahan

Logo PENS. Silahkan download dari pedoman identitas PENS

4.      Dasar Teori

Perbedaan animasi 3D dan 2D
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D, perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.

Animasi 2D
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinta gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya. Untuk model animasi 2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa gambar yang memiliki layer terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka virtual. Kemudian anggota badan, mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut dibuat seolah – olah bergerak oleh animator dengan menggunakan ”key frame” secara terus menerus atau frame by frame. Proses tersebut disebut sebagai proses ‘tweening motion” atau “morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal tersebut adalah Macromedia Flash.

Animasi 3D
Animasi 3d adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai dimensi , ruang dan kedalaman bayangan. Contohnya Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo, The Incredible, hingga Final Fantasy.disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).

Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fokus aplikasinya dan fungsi dari masing-masing aplikasinya. Pada pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga 3D dari objek lebih terlihat, berbeda dengan Flash yang mana lighting dapat di manipulasi melalui penggunaan teknik warna. sedangkan Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajat karena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y.

5.      Tugas Praktikum
- Buatlah animasi 360 dari logo5. Tugas Praktikum
- Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6.      Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Tracing Logo menggunakan illustrator
- Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
- Membuat animasi 360 derajat
- Merender animasi ke dalam file movie (mp4)

7.      Hasil Praktikum


8.      Kesimpulan
Dengan dikenalkan mengenai animasi 3D kita bisa belajar menggunakan software cinema 4D dan bisa membuat objek yang terlihat nyata. Pada kali ini, saya mendapat kesulitan dalam membuat logo menjadi 3D. Hal ini dikarenakan, saya tidak menyimpan format logo dalam AI v8. Akhirnya saya menyimpan ulang logo dengan format yang sesuai, sehingga logo dapat di-extrude dengan baik.

9.      Referensi
- https://rumahulin.com/pengertian-animasi/
-  https://macangadungan.com/2010/06/21/tracing-hah/ 

Komentar

Postingan Populer