Praktikum 16: Animasi dalam Bidang Periklanan

Animasi adalah sekumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar bergerak. Perggerakan gambar itu dibentuk dengan menampilkan urutan gambar yang berubah sedikit demi dedikit pada kecepatan tinggi, sehingga menghasilkan objek gambar statik seperti hidup.
Animasi pada saat  ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai kegiatan baik  kegiatan bersifat santai maupun serius. Animasi dibangun berdasarkan manfaat sebagai media yang digunakan berbagai keperluan, seperti:
  • Media Hiburan
  • Media iklan
  • Media bantu
  • Media pelengkap, dll.

Kenapa diperlukan animasi dalam iklan. Sebagai penarik perhatian, lebih mudah dipahami, dan mudah diterima oleh siapa  saja yang menonton. Selain itu alasan penggunaan animasi periklanan adalah.
  • Agar lebih efisien, biaya pembuatan lebih murah dari pada membuat iklan non animasi. Hal ini dikarenakan pembuatan iklan animasi prosesnya tidak sama dengan membuat iklan biasa. Seperti halnya, saat menjatuhkan pilihan untuk membuat iklan animasi, terutama yang menggunakan animasi karakter secara utuh, pihak agency tidak perlu repot-repot menyediakan alokasi anggaran syuting ataupun bintang iklan. Karena pembuatan iklan animasi dilakukan dalam media tekologi komputer yang menggunakan software animasi.
  • Animasi dapat mengilustrasikan sesuatu yang sulit serta tidak bisa dijangkau dengan proses syuting. Selain itu, ketertarikan pengiklanan animasi dikarenakan bisa membangun imed visual yang tidak beda jauh dengan aslinya.
  • Pemanfaatan animasi agar iklan terlihat lebih atraktif dan menarik. Berkaitan target market yang dibidik. Umumnya, yang sering menggunakan alasan ini adalah pengiklanan suatu produk yang ditujukan untuk anak-anak, layanan masyarakat, produk kesehatan, dll.
Animasi juga memilki kekurangan dan kelebihan, saya penulis akan mempaparkannya sebagai penambah wawasan bagi anda yang ingin membuat animasi periklanan.
Kelebihan
  • Tidak membatasi kreatifitas.
  • Relatif mudah dan cepat
  • Relatif lebih murah

Kekurangan
  • Membutuhkan peralatan dengan spesifikasi yang tinggi untuk dapat menghasilkan animasi yang bagus.
  • Banyak menggunakan software untuk beberapa efek animasi tertentu.
  • Membutuhkan skill yang mumpuni.

sumber: flashcom.id/animasi-periklanan/

Komentar

Postingan Populer