Praktikum 4 - Meniru Animasi Logo
TUJUAN
Belajar
ALAT
-Adobe After Effects CC 2017
I. TUJUAN
membuat animasi dengan meniru animasi logo yang sudah ada.
II. ALAT
Adobe After Effect CC 2015
III. BAHAN
IV. DASAR TEORI
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
V. HASIL PRAKTIKUM
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
fungsi dasar logo:
- Sebagai sarana identifikasi (branding). Sebagai sarana identifikasi, logo mampu berfungsi sebagai wujud pengenalan atau identitas baik bagi produk, jasa, atau identitas seseorang. Fungsinya sebagai identitas tentu menuntut logo untuk mampu menjiwai dan mencerminkan karakter seseorang, perusahaan, produk, atau jasa yang diwakilinya. Ini bertujuan membuat apa yang diwakilinya tersebut mudah untuk dikenali, diingat, dan mudah untuk dibedakan dengan identitas lainnya.
- Sebagai sarana informasi, pengendali, pengawas serta pengontrol. Seperti yang kita ketahui bahwa logo mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan pemilik logo kepada publik. Informasi ini digunakan sebagai alat pengendali, baik berupa pandangan maupun perilaku publik terhadap brand pemilik logo. Ini berarti logo pun menjadi pengawas serta pengontrol dari brand image yang publik pikirkan mengenai brand. Akan tetapi jangan memandang negatif pada logo karena dianggap mengendalikan pemikiran publik. Dalam hal ini, pengendalian pikiran bukan merupakan suatu yang ekstrim sehingga apapun yang dikatakan oleh brand akan dilakukan oleh publik. Logo hanya menyampaikan informasi untuk memberikan kesan yang diinginkan. Seperti sebuah rekomendasi yang tentu saja tidak memaksa.
- Sebagai sarana motivasi. Desain komunikasi visual dapat berpesan sebagai sarana motivasi yang biasanya dilakukan dengan menggunakan poster. Akan tetapi, logo pun dapat melakukan hal yang sama. Logo dapat menyampaikan motivasi kepada publik atau konsumennya yang tentu saja disesuikan dengan tujuan brand. Misalnya logo produk sabun mandi yang memotivasi publik untuk terus berupaya agar hidup dengan sehat melalui logonya. Atau produk pasta gigi yang memotivasi publik untuk menjaga kesehatan gigi yang juga melalui logo yang mewakilinya.
- Sebagai sarana pengutaraan emosi. Logo dapat menjadi sarana pengutaraan emosi. Misalnya bagi logo yang akan menggambarkan bagaimana kasih saying ibu kepada anaknya. Logo ini tentu digunakan oleh produk atau brand yang menjual jasa atau produk bayi atau produk yang dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui. Melalui logo nya, publik akan membaca bagaimana sebenarnya seorang ibu menyayangi anaknya.
- Sebagai sarana presentasi dan promosi. Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan informasi/pesan dengan cara menarik perhatian publik secara visual sehingga informasi/pesan yang disampaikan mudah diingat. Penggunaan gambar serta kalimat dibuat agar bersifat persuasif dan menarik. Inilah salah satu fungsi dari logo. Melalui logo, brand akan menarik perhatian publik dan melalui logo itu pula brand menyampaikan informasi/pesan. Tujuan utamanya tentu adalah menjual produk dan jasa.
Dengan membuat animasi dari sebuah logo akan menambah daya tarik dari sebuah perusahaan. Sebagian besar animasi logo hanya bermain pada animasi bentuk-bentuk dasar, belum merambah pada efek-efek 3D. Namun hal tersebut kembali pada logo dari perusahaan tersebut.
V. HASIL PRAKTIKUM
Hasil Animasi
Screen Record
VI. KESIMPULAN
Pada praktikum ini, kami meniru animasi logo dari bahan yang telah disediakan. Dari 45 Animasi logo yang disediakan, saya memilih logo judho chop. Saya memilih logo tersebut karena tertarik pada animasinya yang simple namun menarik. Setelah mencoba membuat animasi ini, saya mengalami kesulitan pada perubahan yang sangat cepat. Hal tersebut diperparah dengan tidak sesuainya frame/s dari animasi logo yang sebenarnya dengan yang saya buat.
Saya mengatasi masalah tersebut dengan memainkan grafik dari timeline animasinya. Selain itu pada animasi ini, memiliki banyak detail, sehingga harus berulang kali diteliti untuk memperoleh hasill yang mirip.
VII. DAFTAR PUSTAKA
http://pembuatanlogo.com/fungsi-logo/
Komentar
Posting Komentar